Cara Menambahkan Subdomain pada Cpanel

Berikutlangkah singkat untuk menambahkan subdomain melalui Cpanel / Hosting.

1. Masuk ke halaman Cpanel

Login menggunakan username atau password akun, atau dapat melalui webhoster dan masuk ke bagian cpanel domain yang ingin ditambahkan subdomain.

DomainĀ adalah alamat website yang Anda ketikkan ketika mengakses sebuah website. Bentuk dari nama domain bisa bervariasi mengikuti isi dan jenis websitenya, Domain adalah nama unik yang berfungsi untuk mengarahkan pengguna browser ke website tertentu. Nama domain umumnya diakhiri dengan ekstensi, seperti .com, .id, dan sejenisnya.”

sedangkan Subdomain adalah bagian sebelum titik pertama dalam struktur URL website. Subdomain berfungsi sebagai ekstensi domain utama, yang bisa digunakan untuk membuat halaman lain dengan konten yang benar-benar berbeda dari website utama.

2. Menambahkan Domain / Subdomain

Pada halaman cpanel gulir layar sampai menemukan menu Domain atau dapat langsung mengugnakan fitur Search pada cpanel.

setelah masuk pada menu domain, tambahkan domain / subdomain baru dengan menekan tombol “Create a new domain”

tuliskan nama subdomain yang akan dibuat.

contoh ingin menambahkan subdomain dengan nama “pariwisata” pada domain “iahn-gdepudja.ac.id” menjadi “pariwisata.iahn-gdepudja.ac.id”

setelah itu tekan tombol “Submite”

biasanya akan memakan beberapa waktu untuk membuat sebuah subdomain. “It can take a moment to create a new domain. This occurs on accounts with a large number of domains.”

setelah muncul konfirmasi bahwa subdomain berhasil dibuat, domain dapat digunakan, apakah akan menjadi halaman website statis atau dipasangkan sebuah CMS seperti wordpress dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *