Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pelatihan Dasar (LATSAR) CPNS

Berikut merupakan Kumpulan Soal Serta Jabawan dari Soal-soal Ujian yang Diujikan pada saat melaksanakan Pelatihan Dasar (LATSAR) CPNS Pada Tahun 2019.

Kunci Jawaban Dapat di Unduh / Download pada Link berikut :

1.Pengertian akuntabilitas adalah
Akewajiban pertanggungjawaban yang harus dicapai
Bkewajiban untuk bertanggungjawaban
Ckewajiban untuk menyusun laporan
Dresponsibilitas
2.Akuntabiltas personal
Amengacu kepada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral dan etika
Bmengacu kepada hubungan antara individu dan lingkungan kerjanya
Cpertanggungjawaban hasil yang dilakukan atas kerjasama kelompok
Dmengacu kepada hasil pelaporan kinerja yng telah dicapai baik pelaporan yang dilakukan oleh individu terhadap organisasi/institusi maupun kinerja organisasi kepada stakeholders lainnya
3.akuntabilitas individu
Amengacu kepada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral dan etika
Bmengacu kepada hubungan antara individu dan lingkungan kerjanya
Cpertanggungjawaban hasil yang dilakukan atas kerjasama kelompok
Dmengacu kepada hasil pelaporan kinerja yng telah dicapai baik pelaporan yang dilakukan oleh individu terhadap organisasi/institusi maupun kinerja organisasi kepada stakeholders lainnya
4.Akuntabilitas Kelompok
Amengacu kepada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral dan etika
Bmengacu kepada hubungan antara individu dan lingkungan kerjanya
Cpertanggungjawaban hasil yang dilakukan atas kerjasama kelompok
Dmengacu kepada hasil pelaporan kinerja yng telah dicapai baik pelaporan yang dilakukan oleh individu terhadap organisasi/institusi maupun kinerja organisasi kepada stakeholders lainnya
5.Akuntabilitas organisasi
Amengacu kepada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral dan etika
Bmengacu kepada hubungan antara individu dan lingkungan kerjanya
Cpertanggungjawaban hasil yang dilakukan atas kerjasama kelompok
Dmengacu kepada hasil pelaporan kinerja yang telah dicapai baik pelaporan yang dilakukan oleh individu terhadap organisasi/institusi maupun kinerja organisasi kepada stakeholders lainnya
6.Mekanisme akuntabilitas harus mengandung akuntabilitas kejujuran dan hukum yang berarti..
APerrtanggungjawaban yang berhubungan dengan aktivitas penegakan hukum dan norma kejujuran yang ditunjukkan dengan tidak melakukan berbagai penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang yang dimiliki.
BLembaga publik harus mempertanggungjawabkan program yang telah dibuat hingga pelaksanaan program.
Cpertanggungjawaban yang terkait dengan prosedur yang digunakan dalam melaksanakan tugas apakah sudah memuhi kecukupansistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen dan prosedur administrasi
DLembaga publik harus bisa mempertanggungjawabkan kebijakan yang sudah ditetapkan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi dimasa depan
7.process accountability merupakan mekanisme akuntabilitas yang terkait dengan
APerrtanggungjawaban yang berhubungan dengan aktivitas penegakan hukum dan norma kejujuran yang ditunjukkan dengan tidak melakukan berbagai penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang yang dimiliki.
BLembaga publik harus mempertanggungjawabkan program yang telah dibuat hingga pelaksanaan program.
Cpertanggungjawaban yang terkait dengan prosedur yang digunakan dalam melaksanakan tugas apakah sudah memuhi kecukupansistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen dan prosedur administrasi
DLembaga publik harus bisa mempertanggungjawabkan kebijakan yang sudah ditetapkan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi dimasa depan
8.Lembaga publik harus bisa mempertanggungjawabkan kebijakan yang sudah ditetapkan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi dimasa depan merupakan pengertian dari
Aaccountability for probity and legality
Bprocess accountability
Cprogram accountability
Dpolicy accountability
9.Sistem pertanggngjawaban Instansi Pemerintah dikenal dengan SAKIP. SAKIP singkatan dari
ASistem Akuntansi Keuangan Instansi Pemerintah
BSistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah
CSistem Akuntansi Kinerja Instansi Pemerintah
DSistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
10.SAKIP diatur diatur dalam peraturan perundang-undangan yaitu …
APerpres nomor 29 tahun 2014
BPerpres nomor 39 tahun 2014
CPerpres nomor 29 tahun 2015
DPerpres nomor 29 tahun 2016
11.Alat akuntabilitas yang dipakai oleh instansi pemerintah salah satunya adalah
ANota
BKuitansi
CSurat Dinas
DLaporan Kinerja
12.Alur SAKIP yng benar adalah
APerencanaan strategis–>Perjanjian Kinerja –> Pengukuran Kinerja–> Pengelolaan data kinerja–> Pelaporan kinerja–> reviu dan evaluasi Kinerja
BPerencanaan strategis–> Perjanjian Kinerja –> Pengukuran Kinerja–> Pengelolaan data kinerja–> reviu dan evaluasi Kinerja –> Pelaporan kinerja
CPerjanjian Kinerja–> Perencanaan strategis –>Pengukuran Kinerja–> Pengelolaan data kinerja–> Pelaporan kinerja–> reviu dan evaluasi Kinerja
DPerencanaan strategis–> Pengukuran Kinerja –> Perjanjian Kinerja –> Pengelolaan data kinerja–> Pelaporan kinerja–> reviu dan evaluasi Kinerja
13.Untung Pramono adalah seorang PNS dibagian caraka. Tiap hari dia memeriksa dengan teliti apakah semua surat telah terkirim. Suatu hari terdapat satu buah surat dinas yang harus sampai dikantor yang dituju saat itu juga. jam dinas kantor telah usai, kantor pos telah tutup, mesin fax rusak dan email yang dituju belum diketahui. Kebetulan Untung memiliki nomor WA dari petugas administrasi kantor yang dituju, akhirnya Untung mengirimkan surat tersebut lewat Whatshapp.Sikap untung merupakan aktualisasi nilai akuntabilitas…
ADapat mempertanggungjawabkan amanah yang diberikan
BKeadilan dalam pelayanan
CKonsistensi dalam sikap dan perilaku
DPilihan tepat ketika terjadi benturan
14.Dibawah ini adalah nilai dasar akuntabilitas
AMampumempertanggungjawabkan amanah yang diberikan
BJujur
CMelayani dengan senyum sapa, salam
DRela berkorban
15.Tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan pengejawantahan nilai akuntabilitas
ADapat mempertanggungjawabkan amanah yang diberikan
BKeadilan dalam pelayanan
CNetral dalam politik praktis
DKonsisten dalam sikap dan perilaku
16.Personal behaviour yang diharapkan dari PNS adalah
APNS tidak mengganggu, menindas, atau diskriminasi terhadap rekan atau anggota masyarakat
BPNS melayani masyarakat hanya dilingkungan tempat tinggalnya saja
CPNS bertindak sesuai dengan perintah atasan
DPNS mengikuti perintah atasan karena perintah atasan merupakan peraturan yang sedang berlaku
17.Berdasarkan sudut pandang Sistem Integritas Nasional, hakikat atau makna ideal pemberantasan korupsi yang dilakukan di Indonesia adalah :
AMembuat sengsara para koruptor beserta keluarga dan keturunannya
BMenghukum para koruptor dengan hukuman yang paling lama dan kalau bisa sampai dihukum mati
CMemastikan tujuan nasional dapat tercapai
DDikenal di dunia internasional sebagai negara contoh pemberantasan korupsi
18.Memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara karena atau berhubungan dengan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban, dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatannya, tergolong tindak pidana korupsi :
A  Suap menyuap
BGratifikasi
Cpemerasan
DPenggelapan dalam jabatan
19.Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian Negara, tergolong tindak pidana korupsi :
A  Suap menyuap
BGratifikasi
Cpemerasan
DPenggelapan dalam jabatan
20.Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, maka tindakan ini termasuk tindak pidana korupsi:
AKerugian negara
BSuap menyuap
CGratifikasi
DPemerasan
21.Kualitas spiritual accountability yang baik secara otomatis membuat manusia berhati-hati atas akibat perbuatannya kepada manusia dan alam pada umumnya menjadi manusia yang amanah, berempati dan santun, dan dengan sendirinya mendorong manusia melakukan :.
ASpiritual Accountibility yang baik
BPublic Accountibility yang baik
CVisi dan misi yang baik
DNiat yang baik
22.Kualitas hubungan manusia dengan Tuhannya sebagai kekuatan yang diyakini manusia lebih berkuasa atas segala sesuatu, membentuk manusia yang taat (menjaga diri) pada aturan Tuhannya, ikhlas dalam menjalani hidup, dan menyerahkan hasil atas usaha maksimalnya kepada Tuhan berarti ia memiliki :
ASpiritual Accountibility yang baik
BPublic Accountibility yang baik
CVisi dan misi yang baik
DNiat yang baik
23.Sikap di bawah ini yang tidak termasuk nilai anti korupsi adalah.
AJujur
BPeduli
CKerjasama
DKerja bakti
24.Tingkat korupsi yang tinggi meningkatkan ketimpangan pendapatan dan kemiskinan adalah pendapat dari :
AShang, ADB
BPaolo Mauro
CGolden and Picci,
DGupta, Davoodi, and Alonso-Terme,
25.Persepsi korupsi memiliki dampak yang kuat dan negatif terhadap arus investasi asing adalah pendapat dari :
AShang, ADB
BPaolo Mauro
CGolden and Picci,
DGupta, Davoodi, and Alonso-Terme,
26.Pernyataan di bawah ini yang tidak benar adalah untuk menjauhkan diri dari korupsi dengan cara :
AInternalisasi integritas pada diri sendiri dan hidup dan bekerja dalam lingkungan yang menjalankan sistem integritas yang baik
BPenyelarasan antara nilai-nilai organisasi dengan nilai anti korupsi tidak perlu karena masing-masing mempunyai konsep yang berbeda
CNilai, keyakinan, kebiasaan dan konsep diri manusia terdapat pada area bawah sadar
DPenanaman nilai integritas dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui : 1) Kesediaan, 2)Identifikasi dan 3)Internalisasi
27.Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang paling tepat terkait penyelarasan nilai organisasi dan penyelarasan nilai organisasi dan nilai anti korupsi :
AOrganisasi yang telah mempunyai nilai-nilai organisasi tidak perlu melakukan penyelarasan lagi dengan nilai-nilai anti korupsi
BOrganisasi yang telah mempunyai nilai-nilai organisasi masih perlu untuk melakukan penyelarasan nilai-nilai organisasinya dengan nilai-nilai dasar anti korupsi
CBagi organisasi yang berintegritas, menerapkan nilai-nilai organisasi lebih penting dan prioritas dibandingkan dengan menerapkan nilai-nilai dasar anti korupsi
DBagi organisasi yang berintegritas, menerapkan nilai-nilai dasar anti korupsi lebih penting dan prioritas dibandingkan dengan menerapkan nilai-nilai organisasi.
28.Korupsi yang terpaksa dilakukan karena mempertahankan diri dari pemerasan disebut :
AKorupsi defensif
BKorupsi investik
C  Korupsi nepotistik
DKorupsi outogenik
29.Korupsi yang menunjukkan adanya kesepakatan timbal balik antara pemberi dan penerima demi keuntungan bersama. Kedua pihak sama-sama aktif menjalankan perbuatan tersebut, maka korupsi ini digolongkan :
AKorupsi transaktif
BKorupsi investik
CKorupsi nepotistik
DKorupsi Outogenik
30.Korupsi berupa pemberian perlakuan khusus kepada teman atau yang mempunyai kedekatan hubungan dalam rangka menduduki jabatan publik dalam segala bentuk yang bertentangan dengan norma atau peraturan yang berlaku, disebut :
AKorupsi transaktif
BKorupsi investik
CKorupsi nepotistik
DKorupsi Outogenik
31.Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang lebih tepat dan perlu menjadi pola pikir PNS yang anti korupsi:
AMemastikan adanya kesadaran anti korupsi terlebih dahulu hingga muncul niat memberantas atau anti korupsi, baru kemudian mempelajari secara detail tentang delik dan modus korupsi
BMempelajari delik dan modus korupsi secara detail pasti akan menjauhkan diri kita dari perilaku dan tindak pidana korupsi
CMendapatkan contoh-contoh nyata delik dan modus tindak pidana korupsi akan lebih memudahkan menjauhkan diri dari korupsi
DMempelajari dampak tindak pidana korupsi akan meningkatkan pengetahuan tentang menjauhkan diri dari tindak pidana korupsi
32. Kata korupsi berasal dari bahasa latin yaitu Corruptio yang artinya kerusakan, kebobrokan dan kebusukan. Selaras dengan kata asalnya, korupsi sering dikatakan sebagai kejahatan luar biasa, salah satu alasannya adalah:
Akarena dampaknya yang luar biasa menyebabkan kerusakan baik dalam ruang lingkup, pribadi, keluarga, masyarakat dan kehidupan yang lebih luas
Bkarena korupsi membuat orang yang melakukannya ketakutan luar biasa
C  karena perbuatan korupsi membuat orang menjadi bahagia luar biasa
Dkarena korupsi membuat orang yang melakukannya menjadi kaya luar biasa
33.Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat tertuang dalam…
APeraturan Menteri PAN dan RB Nomor 13 Tahun 2009
BPeraturan Menteri PAN dan RB Nomor 12 Tahun 2009
CPeraturan Menteri PAN dan RB Nomor 63 Tahun 2003
DPeraturan Menteri PAN dan RB Nomor 62 Tahun 2003
34.Salah satu prasyarat penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang semakin baik adalah dengan adanya pemahaan baru tentang pentingnya dan manfaat peningkatan pelayanan publik bagi individu dan organisasi aparatur yang biasa disebut sebagai…
APartisipasi masyarakat pengguna layanan
BPerubahan pola pikir (mindset) terhadap fungsi pelayanan
CKepercayaan
DKesadaran penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik
35.Prinsip kejelasan dalam pelayanan publik sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63 Tahun 2003 memuat tentang
APersyaratan teknis dan administratif
BPejabat yang berwenang dan bertanggung jawab
CLatar belakang pelayanan publik
DLatar belakang pejabat publik
36.Penyelenggaraan pelayanan publik yang memberikan pelayanan dengan tidak membedakan suku, ras, agama, golongan, gender dan status ekonomi sesuai dengan asas…
AKepentingan umum
BKepastian hukum
CKesamaan hak
DKeseimbangan hak dan kewajiban
37.Tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah terjangkau dan terukur adalah …
APenyelenggaraan pelayanan publik
BPelaksanaan pelayanan publik
CStandar pelayanan
DMaklumat pelayanan
38.Sistem Prosedur pelayanan publik yang tidak berbelit-belit, mudah dipahami dan mudah dilaksanakan merupakan prinsip pelayanan publik yang memenuhi…
AKesederhanaan
BKejelasan
CKepastian waktu
DKeamanan
39.Berikut adalah beberapa manfaat dari WoG
AEfesinsi, efektifitas, daya saing, koherensi kebijakan, sharing informasi
BEfesinsi, efektifitas, daya saing, koherensi politik, sharing informasi
CEfesinsi, efektifitas, daya dukung, koherensi politik, sharing informasi
DEfesinsi, efektifitas, daya saing, koherensi kebijakan, sharing ASN
40.Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Definisi tersebut menurut …….…..
ALembaga Administrasi Negara
BPengembangan Kelembagaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
CUndang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
DDavit Mc Kevitt
41.Tiga unsur penting dalam pelayanan publik antara lain, kecuali…..
AOrganisasi Penyelenggara Pelayanan Publik
BPenerima layanan (pelanggan) yaitu orang atau masyarakat atau organisasi yang berkepentingan
CKepuasan yang diberikan dan/atau diterima oleh penerima layanan (pelanggan)
DMasyarakat lokal
42.Pameo yang terkenal di masa lalu adalah : “whatever government does is public service”. Artinya semua barang/jasa publik yang dibutuhkan oleh masyarakat dan diselenggarakan oleh Negara disebut sebagai pelayanan publik. Paradigma yang melihat pelayanan publik seperti ini sering disebut sebagai………
AOld Public Management (OPM)
BOld Public Administration (OPA)
CNew Public Management (NPM)
DNew Public Service (NPS)
43.ASN harus melayani warga negara yang membutuhkan pelayanan publik, hal ini disebabkan:
APelayanan Publik itu mahal
BKarena warga negara membiayai fasilitas pelayanan publik dan ASN
CKarena warga negara butuh dilayani
DKarena ASN dituntut oleh warga negara
44.Birokrasi harus memiliki code of conduct, bagaimana cara birokrasi bertingkah laku dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat (warga negara). Hal ini berarti:
ABirokrasi harus memiliki kode etik
BPegawai ASN harus menerapkan budaya pelayanan
CBirokrasi harus memiliki SOP yang jelas dalam memberikan pelayanan, misalnya dengan menerapkan prinsip 3S= senyum, sapa, salam
DBirokrasi harus berpendidikan
45.ASN dalam memberikan pelayanan publik harus mengedepankan Pelayanan Prima, hal ini dimaksudkan:
AMemberikan pelayanan sesuai atau melebihi harapan pengguna layanan
BMemberikan pelayanan sesuai dengan kemampuan
CMemberikan pelayanan sesuai standar
DMemberikan pelayanan sesuai kondisi yang ada
46.Dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat pemerintah perlu melibatkan masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasilnya disebut pelayanan perima
APartisipatif
BTransparan
CResponsif
DTidak Diskriminatif
47.Saudara sebagai ASN harus paham bahwa warga negara adalah
AAgent (tuan)
BClien (pelayan)
CAgent dan Clien
DClien atau Agent
48.Peraturan yang mengatur tentang Manajemen PNS adalah….
APP No. 11 tahun 2015
BPP No. 49 tahun 2016
CPP No. 11 tahun 2017
DPP. no. 49 tahun 2018
49.Undang-Undang yang mengatur tentang ASN adalah….
AUndang-Undang Nomor 5 Tahun 2009
BUndang-Undang Nomor 5 Tahun 2017
CUndang-Undang Nomor 5 Tahun 2014
DUndang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
50.Pengelolaan ASN untuk menghasilkan Pegawai ASN yang professional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, disebut dengan ..
AUnsur ASN
BKedudukan ASN
CManajemen ASN
DSifat ASN
51.Berdasarkan jenisnya, Pegawai ASN terdiri dari
APNS
BPPPK
CPNS dan PPPK
DPNS dan PPK
52.Dasar hukum Penilaian Prestasi Kerja Pegawai adalah
APP No. 46 Tahun 2011
BPP No. 46 Tahun 2010
CPP No. 46 Tahun 2012
DPP No. 46 Tahun 2013
53.Pada awal tahun setiap PNS menyusun kontrak kerja dengan atasan yang disebut dengan SKP . SKP singkatan dari
ASasaran kinerja pegawai
Bsasaran kerja Pegawai
CStatus kerja pegawai
DSasaran kerja Perorangan
54.Nilai SKP pada penilaian prestasi kerja pegawai adalah sebesar
A0.4
B0.3
C0.6
D0.5
55.Ketercapaian target yang telah direncanakan, baik menyangkut jumlah maupun mutu hasil kerja disebut dengan…..
AEfektivitas
BEfisiensi 
CInovasi
DMutu
56.Ketepatan realisasi penggunaan sumber daya dan bagaimana pekerjaan dilaksanakan, sehingga tidak terjadi pemborosan sumber daya, penyalahgunaan alokasi, penyimpangan prosedur dan mekanisme yang ke luar alur disebut dengan…..
AEfektivitas
BEfisiensi 
CInovasi
DMutu
57.Cara yang dapat dilakukan untuk senantiasa memperbaiki mutu layanan dari pegawai ASN kepada publik antara lain
AMemiliki standar mutu sendiri
BKompeten pada bidang pekerjaannya
CMemiliki standar dan target mutu sendiri
DMenguasai teknik pelayanan prima dengan memberikan layanan prima dan tidak bersedia menerima kritik untuk perbaikan ke depan 
58.Upaya peningkatan produktivitas PNS sebagai aparatur penyelenggara pemerintahan dapat dilakukan melalui cara berikut
APeningkatan pengawasan sentralisasi
BPengawasan akademik dan manajerial tersembunyi
CPengawasan secara professional untuk mengawal kinerja PNS agar tetap berada di jalur yang tepat dan tidak melakukan penyimpangan
DPengawasan secara pribadi
59.Faktor-faktor yang bisa menjadi pendorong sekaligus menghambat upaya untuk meningkatkan kinerja aparatur yang kreatif, inovatif dan komitmen terhadap mutu antara lain
APerubahan tempat kerja
BPergeseran posisi kerja
CPeningkatan jabatan
DPerbaikan tata kelola pemerintahan (good corporate governance)
60.Aktualisasi hasil berpikir kreatif untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi masyarakat sebagai customers, layanan yang diberikan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah yang sesuai dengan harapan mereka merupakan…
AKreativitas dalam pelayanan
BKreativitas dalam pikiran
CKreativitas dalam sosial
DKreativitas dalam pengabdian
61.Inovasi pelayanan publik tidak bergerak dalam ruang hampa sehingga perlu didukung oleh unsur-unsur yang mendukung seperti pegawai yang mempunyai jiwa kreatif dan inovatif serta faktor pendorong lainnya. Sifat kreatif pegawai ditandai oleh karakteristik berikut ini
ASenantiasa merasa butuh untuk terus diperhatikan kemampuannya
BSenantiasa merasa butuh untuk terus dipertahankan posisinya
CBerpedoman pada sumber kode etik lokal
DDinamis dan berpikir kritis terhadap situasi yang berkembang
62.Faktor pendorong yang memfasilitasi lahirnya kreativitas dan inovasi adalah
AKepemimpinan yang memiliki visi dan misi untuk tindakan revolusi
BLingkungan kerja yang mendorong terciptanya persaudaraan
CKepemimpinan yang memiliki visi dan misi untuk melakukan perubahan yang lebih baik
DBudaya organisasi yang memfasilitasi
63.Esensi yang terkandung dalam istilah inovasi adalah…..
APerubahan
BPembaharuan
CPergeseran
DPemberdayaan
64.Lima pilar dalam manajemen mutu terpadu adalah…..
APlanning, produk, proses, komitmen, pemimpin
BInovasi, produk, proses, komitmen, organisasi
CProduk, proses, komitmen, pemimpin, kreativitas
DProduk, proses, komitmen, organisasi, pemimpin
65.Kinerja aparatur dalam memberikan layanan publik yang bermutu harus berlandaskan prinsip…..
AKreatifitas, keteladanan, gotong royong
BEfektivitas, efisiensi, inovasi
CKualitas, keteladanan, gotong royong
DInovasi, keteladanan, efektivitas
66.Target utama kinerja aparatur yang berbasis komitmen mutu adalah…..
AMewujudkan keinginan masyarakat yang menerima layanan
BMewujudkan kebutuhan masyarakat yang menerima layanan
CMewujudkan kepuasan masyarakat yang menerima layanan
DMewujudkan keinginan dan kebutuhan masyarakat yang menerima layanan
67.Budaya unggul diawali oleh perilaku disiplin. Budaya kerja unggul diarahkan untuk antara lain
AMeningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan ide
BMeningkatkan kuantitas dan kualitas kebutuhan stakeholders
CMeningkatkan kuantitas dan kualitas kebutuhan organisasi
DMenciptakan nilai tambah (value added) untuk semua stakeholders
68.Inovasi penting dalam membangun mutu layanan publik karena antara lain
AMemperkuat organisasi dalam meningkatkan daya saing dalam era globalisasi ekonomi dan meningkatkan kemampuan organisasi dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan
BMemberikan layanan yang cepat,baik dan murahan karena dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas sehingga meningkatkan keuntungan
CMemperkuat organisasi dalam meningkatkan daya saing dan efisiensi pelayanan
DMenciptakan budaya kreativitas organisasi terutama penelitian-penelitian sehingga banyak tercipta ilmuan beserta karya ciptanya
69.Sektor publik dengan sektor swasta memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai yaitu mengedepankan efisiensi dan efektivitas serta jaminan mutu dalam memberikan palayanan yang disebut tujuan…..
AInovasi
BKreativitas
CKeteladanan
DKepemimpinan
70.Proses mengembangkan dan mengekspresikan gagasan yang diperkirakan bermanfaat disebut…..
AKonsepsi
BKreativitas
CInovasi
DMutu
71.  Pernyataan di bawah ini menjadikan Indonesia terkenal menjadi negara yang besar
AMemiliki pulau dengan ukuran besar seperti Pulau Kalimanatan
BMemiliki sejarah perjuangan yang lama
CMemiliki ASN yang jumlahnya besar
DMemiliki sejarah peradaban yang membanggakan
72.Peran ASN/PNS dalam menciptakan kondisi damai adalah dengan cara :
ABesikap berpihak kepada golongan tertertentu
BBoleh memilih salah satu partai politik dalam event lima tahunan
CBoleh menjadi sponsor tim sukses dalam pilkada
DMengayomi kelompok-kelompok minoritas
73.Pernyataan di bawah ini adalah sumber potensial merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa
AMasih terlibatnya negara melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan
BMasih adanya kelompok-kelompok di masyarakat yang tidak menyetujui idiologi negara Pancasila
CKemajuan teknologi informasi dan komunikasi dibalut dengan aturan IT
DManusia Indonesia harus berfikir global
74.Menurut Hutson (2005) bahwa orang-orang yang memiliki integritas memiliki kemampuan diantaranya
AMempertahankan keyakinan sendiri
BMenjalani prinsip-prinsip hidup sendiri
C  Mempertahankan keyakinannya secara tertutup dan berani
D  Mempertahankan keyakinannya secara terbuka dan berani
75.Sikap kesederhanaan, reliabilitas, kecakapan keramahan, tanggung jawab, kejelasan dan kepastian merupakan :
AAzas pelayanan publik
BUndang-Undang Pelayanan Publik
CKriteria pelayanan publik
DStandar Pelayanan Minimal
76.Bersikap transparansi (terbuka), mudah diakses dan mudah dimengerti merupakan :
AAzas pelayanan publik
BUndang-Undang Pelayanan Publik
CKriteria pelayanan publik
DStandar Pelayanan Minimal
77.Nasionalisme Bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai
AJati diri bangsa Indonesia dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila
BJati diri bangsa Indonesia dalam mengaktualisasikan nilai-nilai budaya daerah
CJati diri bangsa Indonesia dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Keagamaan
DJati diri bangsa Indonesia dalam mengaktualisasikan nilai-nilai peradaban dan globalisasi
78.Aktualisasi nasionalisme ASN dalam bentuk
APelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat pemersatu bangsa dan negara
BPelaksana tupoksi bidang tugas
CPelaksana kebijakan birokrasi
DPelaksana kebijakan peraturan perundang-undangan
79.Mengapa nasionalisme Bangsa Indonesia penting
ASebagai pendorong membangun diri maupun golongan masyarakat
BKarena kita kader ASN
CSebagai pendorong membangun diri, lingkungan masyarakat, bangsa dan negara
DUntuk memenuhi tupoksi di bidang tugas masing-masing
80.Nilai-nilai Ketuhanan dalam Pancasila berarti
APancasila mengatur sistem keyakinan, sistem beribadat, sistem norma, dan identitas keagamaan masyarakat
BNegara menjamin kemerdekaan masyarakat dalam memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing
CNegara menjamin sekularisasi antara negara dan agama
DAgama berperan dalam membangun civil society dan political society
81.Nilai-nilai ketuhanan menjadi sila yang menjiwai sila-sila yang lain dalam pancasila artinya
ANilai ketuhanan sama dengan nilai yang lain
BNilai ketuhanan merupakan nilai teodemokrasi
CNilai ketuhanan menjadi sila kemanuasiaan yang adil dan beradab
DNilai ketuhanan dapat membentuk karakter kepribadian, melahirkan etos kerja yang positif,memiliki kepercayaan diri untuk mengembangkan potensi dan kekayaan alam untuk kemakmuran masyarakat
82.Diskriminasi positif dalam bentuk tindakan afirmasi merupakan pengecualian prosedur pemerintah kepada:
APerlakuan kepada pihak tertentu yang memiliki jabatan khusus
BPerlakuan kemanuasiaan bagi ibu-ibu rumah tangga
CPerlakuan bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus
DPerlakuan bagi pengusaha pribumi
83.Sila kedua Pancasila memiliki konsekuensi ke dalam dan keluar. Konsekwensi kedalam dimaksud:
APancasila harus berinteraksi dalam masyarakat Indonesia
BPancasila lahir dari dalam Bangsa Indonesia
CNegara menjalankan fungsi meindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
DNegara ikut serta melaksanakan keteripan dunia yangberdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial
84.Implementasi nilai persatuan dalam membangun semangat nasionalisme
AMenggerakan itikat satu bangsa sebagai suatu pengikat jiwa untuk hidup bersama
BMenggerakan persatuan antar suku
CMenggerakan persatuan antar golongan
DMengakui perbedaan
85.Demokrasi konsensis merupakan imlementasi dari sila keempat yang artinya
ADemokrasi mayoritas
BDemokrasi minoritas
CDemokrasi permusyawarahan
DDemokrasi perwakilan
86.Penetapan batas upah minimum merupakan implementasi dari sila dalam pancasila
ASila Kesatu
BSila Ketiga
CSila keempat
DSila kelima
87.Tercampurnya kepentingan pribadi dengan kepentingan masyarakat yang mengakibatkan kurang optimalnya pencapaian tujuan organisasi disebut…
AKonflik kepercayaan
BKonflik kepentingan
CKonflik bisnis
DKonflik organisasi
88.Konflik kepentingan dalam organisasi pemerintah bisa mengakibatkan beberapa hal, antara lain
AKepentingan organisasi bisa didiskusikan
BPengerahan sumberdaya publik berjalan secara optimal
CKegiatan bisnis optimal
DPengerahan sumberdaya publik yang kurang optimal
89.Perkembangan kebutuhan profsionalisme aparatur sipil negara menuntut dirumuskannya kode etik yang berlaku bagi semua jenis pekerjaan sebagai pelayan publik (public servants), yang merupakan sebutan lain bagi:
APegawai Negeri Sipil
BPegawai Sipil
CPegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja
DAparatur Sipil Negara
90.Ketentuan-ketentuan tertulis yang mengatur tingkah laku/etika suatu kelompok khusus dalam masyarakat yang diharapkan dapat dipegang teguh oleh sekelompok profesional tertentu disebut:
AKode Etik
BKode Etik Profesi
CEtika publik
DEtika Profesi
91.Nilai-nilai etika publik dibawah ini merupakan refleksi kritis yang dipraktekkan dalam wujud kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat
AKerakyatan
BKewenangan
CKekuasaan
DKesetaraan
92.Kompetensi etika sangat diperlukan bagi pejabat karena tanpa memiliki kompetensi etika pejabat akan cenderung
APeka
BPeduli
CDiskriminatif
DAdil
93.Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang disiplin PNS terdapat dalam
APP No. 50 Tahun 2010
BPP No. 53 Tahun 2010
CPP No. 20 Tahun 1980
DPP No. 30 Tahun 2010
94.Dalam rangka menunjang profesionalisme dalam sistem administrasi negara publik di Indonesia maka diperlukan adanya rujukan/pedoman yaitu
ASumber kode etik Nasional
BSumber kode etik Internasional
CSumber kode etik Universal
DSumber kode etik lokal
95.Tindakan yang harus dihindari karena merupakan kategori konflik kepentingan
AIkut serta dalam transaksi bisnis pribadi untuk keuntungan pribadi
BMembicarakan masa depan peluang kerja di luar instansi pada saat berada dalam tugas sebagai pejabat pemerintah
CMenerima segala bentuk hadiah pada saat melaksanakan tugas
DMenerima segala bentuk nota pada saat melaksanakan transaksi
96.Rendahnya integritas pelayanan publik di Indonesia salah satunya diakarenakan pejabat memiliki beberapa kedudukan dengan memanfaatkan jabatannya dalam pemerintahan. Hal ini merupakan pengaruh buruk dari konflik kepentingan yang termasuk dalam perilaku…
AMenyalahgunakan pengaruh pribadi (influence peddling)
BPemanfaatan fasilitas organisasi/lembaga untuk kepentingan pribadi
CPemanfaatan informasi rahasia
DLoyalitas ganda (outside employment, moonlighting)
97.Menempatkan orang yang tepat pada posisinya sesuai dengan kemampuannya dalam lingkungan organisasi publik disebut…
AThe right man on the right office
BThe right man on the right job
CThe right man on the right way
DThe right man on the right position
98.Seorang pasien dalam keadaan kritis datang ke rumah sakit langsung disambut petugas medis dan diobservasi penyakitnya, setelah selesai pasien tersebut baru dipersilahkan mengurus seluruh administrasinya. Pelayanan tersebut menunjukkan …
AKetepatan waktu pelayanan
BKemudahan mendapat pelayanan
CKenyamanan dalam memperoleh pelayanan
DMendahulukan kepentingan pelanggan
99.Sanksi dari pelanggaran kode etik PNS adalah sanksi organisatoris yaitu
ABerupa masukan kepada instansi terkait tentang tindakan yang dilakukan
BBerupa teguran tertulis dan atau pemberhentian dengan tidak hormat
CBerupa teguran pidana
DBerupa penurunan pangkat menengah, jabatan dan kedudukan
100.Berikut ini adalah aparatur sipil negara yang sah menurut UU ASN No. 5 Tahun 2014..
Apegawai negeri sipil, pegawai BUMN, anggota TNI
Bpegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah perjanjian kerja
Canggota TNI, pegawai BUMN, anggota Kepolisian
Danggota POLRI, pegawai negeri sipil, pegawai BUMN
101.Apabila organisasi pemerintah telah mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan dengan memberikan informasi yang relevan atau laporan terbuka terhadap pihak luar atau organisasi mandiri dan dipublikasikan, merupakan unsur modalitas yang…
AAkuntabilitas
BTransparansi
CNetralitas
DProfesionalitas