Gangguan Layanan Domain dan Hosting iahn-gdepudja.ac.id

Keterangan Resmi tentang Gangguan Layanan Rumahweb Indonesia – Berdampak kepada Hosting dan domain iahn-gdepudja.ac.id sejak tanggal 2 Desember.

Pelanggan yang Terhormat,

Mulai tanggal 2 Desember 2021 pukul 12.30 WIB, telah terjadi gangguan pada sebagian besar layanan hosting dan VPS milik Rumahweb Indonesia. Gangguan ini disebabkan karena kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber dimana kami meletakkan sebagian besar rak-rak server kami. Kebakaran terjadi di ruang Wing A CyberDC yang terdapat 72 buah server yang digunakan untuk layanan shared hosting dan VPS.

Situasi menjadi sulit bagi Rumahweb untuk melakukan recovery secepatnya karena core networking kami berada di ruangan terjadinya kebakaran tersebut. Sehingga meskipun kami memiliki backup data di lantai 3 (di datacenter DTP 3 – Gedung Cyber lt 3), kami tidak bisa mengaksesnya karena datacenter tersebut dimatikan aliran listriknya. Oleh karena itu prioritas kami hingga hari Jumat 3 Desember 2021 adalah memindahkan core networking di datacenter DTP Alpha (lantai 1) yang mana sebagian server kami juga berada di datacenter tersebut.

Pada hari itu juga, kami telah menyiapkan perangkat server-server baru di datacenter DTP TIFA. Dengan tujuan agar nantinya ketika core networking sudah bisa up and running, maka kami bisa memindahkan server yang menyimpan backup (di DTP 3) dan merestorenya ke server-server baru tersebut.

Pada tanggal 4 Desember 2021, saat kami akan mengeksekusi pemindahan server backup yang berada di Datacenter DTP 3 (lantai 3), ternyata ruangan tersebut disegel oleh Polisi sehingga kami tidak bisa lagi mengakses server backup tersebut. Kami juga belum tahu kapan segel police line tersebut akan dilepaskan sehingga kami kembali bisa mengakses server backup kami.

Jika ada layanan hosting dan VPS yang sudah up, itu berarti karena layanan hosting atau VPS tersebut menggunakan server yang berada di DTP Alpha, Neucentrix Yogyakarta, dan server-server dari DTP lantai 3 yang berhasil kami pindahkan ke datacenter milik PT. Qwords Company International. Selain itu, layanan yang sudah up sebagian adalah jika pelanggan memilih menggunakan Avertiz, yaitu layanan backup off-shore dari Rumahweb. Saat ini pelanggan pengguna Avertiz sedang dalam antrian proses restore.

Karena kondisi tersebut, kami tidak bisa memastikan kapan data backup dapat diakses kembali. Sehingga sebagai opsi, kami akan menawarkan setup akun baru tanpa data. Yang mana nantinya ketika data dapat diakses kembali, kami akan menghubungi pelanggan untuk memberikan opsi restore dari data yang sebelumnya. Kami menawarkan opsi tersebut agar pelanggan yang memiliki backup di lokasi lain dapat segera up kembali layanannya dan melakukan restore sendiri.

Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas gangguan layanan yang terjadi. Saat ini kami sedang mengupayakan semua hal yang bisa dilakukan untuk secepatnya melakukan recovery. Termasuk melakukan upaya hukum agar police line segera dilepas oleh pihak berwajib dan kami dapat melakukan recovery sepenuhnya.

Jakarta, 4 Desember 2021


Yusuf Nurrachman
Direktur Utama

Sumber : https://rumahweb.com/keterangan-resmi-gangguan-layanan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *